Morula IVF

Menelan Sperma Apakah Bisa Hamil? Cek Faktanya Berikut Ini!

November 4, 2022

Menelan Sperma Apakah Bisa Hamil? Cek Faktanya Berikut Ini!

Oral sex merupakan salah satu variasi dalam hubungan suami istri. Tidak jarang, saat melakukannya sperma dapat tertelan. Mungkin Anda bertanya-tanya menelan sperma apakah bisa hamil. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, cek faktanya di artikel berikut. Simak yuk!

Proses Adanya Kehamilan

Air mani yang mengandung jutaan sperma, adalah sel reproduksi berukuran kecil yang dapat berenang sendiri menuju sel telur. Jika sperma membuahi sel telur, sel telur kemudian bergerak ke arah rahim untuk menempelkan dirinya di lapisan rahim. Proses inilah yang disebut dengan implantasi, tahap awal kehamilan. 

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua proses implantasi dapat berhasil. Agar hamil, sperma perlu membuahi sel telur, dan sel telur perlu tertanam di dalam rahim.

Hubungan seksual perlu dilakukan sekitar waktu ovulasi agar menghasilkan kehamilan. Wanita dengan siklus teratur pada umumnya bisa menentukan ovulasi dengan cara melakukan tes ovulasi, menggunakan metode penghitungan, dan mencari tanda-tanda kesuburan lainnya.  

Apa yang Bisa Menyebabkan Hamil

Agar kehamilan dapat terjadi, sperma perlu memiliki jalur menuju sel telur, yaitu melalui vagina.   Sebagian besar wanita yang hamil adalah dari hubungan seksual tanpa pengaman. 

Kehamilan juga dapat terjadi karena faktor-faktor berikut;

  • Hubungan seksual di mana pengendalian kelahiran gagal.
  • Jika vagina tersentuh setelah menyentuh air mani
  • Seks anal, ketika air mani mendekati vagina
  • Metode tarik keluar (menarik diri sebelum ejakulasi) yang dapat mengurangi risiko kehamilan, tidak terlalu efektif dan dapat menyebabkan kehamilan. 

Apakah Menelan Sperma Bisa Hamil?

Ketika seseorang menelan sperma, sperma akan mengikuti jalur yang sama melalui sistem pencernaan seperti ketika makan atau minum. Jalur ini tidak akan melalui organ reproduksi dan tidak akan mengakibatkan kehamilan. 

Air mani yang tertelan tidak bersentuhan dengan vagina, dan ketika wanita buang air kecil atau buang air besar yang mengandung sisa air mani, tidak mungkin membuat mereka hamil. Seorang wanita hanya bisa hamil dari kontak penis-vagina ketika air main memasuki vagina atau organ reproduksi lainnya.

Cara Mencegah Kehamilan

Untuk mencegah kehamilan dapat terjadi, berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan;

  • Memantau tanda kesuburan: Ini dapat membantu Anda menentukan waktu kemungkinan ovulasi dan menghindari hubungan seks pada masa subur. Wanita mungkin subur ketika mereka memiliki cairan serviks yang kental dan encer. Selain itu Anda dapat menggunakan aplikasi pelacak kesuburan untuk memastikan masa ovulasi Anda. 
  • Melacak periode menstruasi: Untuk melacak periode menstruasi, berbagai aplikasi telah tersedia untuk membantu Anda mengetahui kapan haid Anda datang. 
  • Gunakan pengatur kehamilan: Kondom, pil KB, dan IUD dapat mencegah kehamilan dengan penggunaan yang benar. Untuk memastikan kehamilan terjadi, pasangan juga bisa menggunakan kondom yang mengandung spermisida. 

Itulah pembahasan kali ini mengenai apakah bisa hamil dengan menelan sperma. Secara jelas bahwa, menelan sperma tidak mungkin bisa menyebabkan kehamilan. Pastikan Anda dengan pasangan melakukan hubungan seksual yang aman. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung