Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Siapa yang tidak kenal dengan kurma? Salah satu makanan yang berasal dari Timur Tengah ini memiliki banyak manfaat. Termasuk manfaat kurma untuk ibu hamil yang belum banyak diketahui. Kurma sendiri termasuk dalam salah satu jenis buah yang bisa dimakan secara langsung. 

Ada kurma yang dikeringkan dan ada yang masih segar. Kurma segar memiliki kulit yang halus tanpa kerutan. Segar atau dikeringkan, keduanya sama-sama menyehatkan dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Lalu, apa saja manfaat kurma terhadap ibu hamil itu?

Beragam Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

manfaat kurma untuk ibu hamil

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, kurma juga baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada ibu hamil. Meski terlihat kecil dan mungkin dari bentuk kurang menarik namun kurma ini memberikan banyak kebaikan untuk orang yang memakannya terutama para ibu hamil. Agar lebih jelas, mari lihat manfaat kurma untuk ibu hamil berikut ini:

1. Mencegah Sembelit

Manfaat pertama adalah melancarkan pencernaan atau mengatasi sembelit pada ibu hamil. Sembelit adalah hal yang biasa dijumpai pada ibu hamil karena perubahan hormonal dalam tubuh membuat pencernaan berjalan lebih lambat dari biasanya. Nah, dalam kurma terdapat kandungan serat yang bisa melancarkan pencernaan sehingga ibu hamil bisa terhindar dari sembelit.

2. Mencegah Anemia dan Sumber Energi

Kurma dikenal juga sebagai buah yang bisa mengatasi anemia saat wanita sedang hamil. Orang hamil membutuhkan makanan penambah darah karena di dalam tubuhnya ada dua nyawa. Kurma ini bagus sekali untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil serta bisa menjadi sumber energi juga. 

Kalori yang tinggi bisa memenuhi kebutuhan energi ibu hamil tanpa perlu takut terjadi obesitas. Jika ibu hamil rutin makan kurma sehari 3 biji, pasokan darah akan terjaga sehingga tidak akan sampai merasakan anemia selama masa kehamilan. Ibu hamil selalu membutuhkan pasokan dua kali lipat yaitu untuk diri sendiri dan untuk janinnya.

3. Membantu Pertumbuhan Tulang Janin

Dalam buah kurma ada vitamin K yang sangat dominan. Vitamin tersebut sangat baik untuk pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. Tidak hanya itu, otot dan fungsi saraf ibu pun ikut terjaga kesehatannya karena kandungan vitamin K yang ada pada buah kurma. 

Jika asupan vitamin K sampai kurang nantinya bisa membuat bayi mengalami pendarahan. Jadi bagi ibu hamil bahkan ibu menyusui, konsumsilah kurma setiap hari secara rutin untuk memenuhi kebutuhan vitamin K.

4. Menjaga Tekanan Darah Stabil

Buah kurma ini juga mengandung kalium yang bisa menjaga tekanan darah pada ibu hamil tetap stabil. Jika tekanan darah tidak stabil maka nanti ibu akan tinggi resikonya terkena komplikasi kehamilan. Tekanan darah tinggi pada ibu hamil nanti bisa membahayakan janin juga, terjadi persalinan prematur dan tidak disarankan melahirkan secara normal tapi harus operasi Caesar.

5. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Kurma juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pada tubuh ibu hamil. Kalium pada buah kurma bisa membantu tubuh untuk bisa mengatur tekanan darah, menjaga kadar garam dan air saat hamil, serta mencegah untuk terjadinya kram otot. Kram otot pada ibu hamil lebih rentan terjadi karena tubuh menopang beban janin.

6. Mencegah Cacat Lahir

Mengkonsumsi kurma secara rutin untuk ibu hamil juga bagus untuk janin karena bisa mencegah terjadinya cacat lahir. Dalam kurma kandungan asam folatnya cukup tinggi sehingga bagus untuk mencegah cacat bawaan pada bayi terutama yang berkaitan dengan otak dan sumsum tulang belakang.

Itu dia beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil yang tentunya bagus dan menyehatkan. Pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan kaya nutrisi agar masa kehamilan berjalan lancar hingga persalinan nanti. Janin pun akan tumbuh dengan optimal dan terhindar dari cacat lahir.