Prenatal Yoga Adalah

Agar badan fit selama masa kehamilan, melakukan aktivitas olahraga sangat penting dilakukan salah satunya prenatal yoga. Prenatal yoga adalah tipe latihan yoga yang dirancang khusus untuk ibu hamil. Tidak hanya untuk kesehatan ibu hamil, olahraga ini juga membuat ibu hamil merasa rileks serta tenang.

Mengenal Prenatal Yoga

Prenatal Yoga Adalah

Berbeda dengan yoga biasa yang sangat sulit dilakukan ibu hamil, prenatal yoga adalah olahraga yang menekankan pada gerakan respirasi, peregangan, serta penguatan dalam menolong ibu hamil mempersiapkan kelahiran baik itu melahirkan normal ataupun pembedahan caesar. Prenatal yoga atau yang dikenal yoga ibu hamil merupakan tipe yoga yang wajib dilakukan selama masa kehamilan.

Ibu hamil yang lagi mengandung balita kembar dan bersiap untuk melahirkan dapat melaksanakan gerakan yoga ini. Apalagi, ibu yang berencana melahirkan di rumah ataupun melahirkan di rumah sakit bisa merelaksasikan diri dengan prenatal yoga. Umumnya senam yoga ibu hamil ini fokus untuk melatih respirasi, latihan untuk zona pinggul serta berlatih bermacam pose. Latihan nafas tersebut bermanfaat untuk bekal metode respirasi saat melahirkan nantinya.

Manfaat pose-pose pada prenatal yoga salah satunya mengembalikan tenaga saat merasa lelah karena pergantian hormonal dalam tubuh. Untuk para ibu hamil disarankan teratur berlatih tipe yoga-in karena akan menolong merasa lebih kokoh, senantiasa aktif sepanjang kehamilan serta memberikan manfaat untuk janin didalam kandungan. Berikut ini merupakan manfaat-manfaat lainnya melakukan prenatal yoga untuk ibu hamil:

Manfaat Prenatal Yoga

Prenatal Yoga Adalah

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa prenatal yoga adalah olahraga yang bermanfaat bagi ibu hamil. Lantas, apa saja manfaat prenatal Yoga? Yuk dapat lihat manfaatnya sebagai berikut.

1. Menolong Proses Persalinan

Latihan respirasi prenatal yoga bisa menghindari stress, sehingga akan membuat ibu hamil jadi tenang. Tidak hanya itu, otot-otot di zona penting seperti panggul akan lebih lentur serta fleksibel yang mana bisa memperlancar proses persalinan.

2. Mengurangi Keluhan Ibu Hamil

Gerakan-gerakan latihan prenatal yoga akan menolong ibu hamil mengurangi keluhan-keluhan yang kerap terjadi seperti perih punggung bawah, mual, sesak napas, sakit kepala, serta pula susah tidur. Ibu hamil akan terasa lebih rileks, karena latihan ini akan membuat perputaran darah berjalan lancar dan ibu hamil bisa beristirahat dengan tenang dan nyenyak.

3. Merasakan Gerakan Janin di Dalam Kandungan

Melalui latihan prenatal yoga, ibu hamil bisa memusatkan perhatian pada apa yang terjadi di dalam tubuh. Ibu hamil bisa lebih fokus merasakan gerakan-gerakan yang dicoba oleh janin di dalam kandungan. Itu berarti ibu hamil bisa lebih erat berhubungan serta dekat dengan janin sejak dalam kandungan.

4. Mengurangi Stres Ibu Hamil

Prenatal yoga adalah olahraga yang bisa melatih ibu hamil untuk dapat mengendalikan serta melatih respirasi. Perihal ini juga akan membuat atmosfer hati ibu hamil jadi positif dan lebih baik, sehingga bisa menghindari stress.

5. Melindungi Berat Badan

Peningkatan berat badan tentu akan terjadi sepanjang masa kehamilan, tetapi peningkatan berat badan yang berlebihan pastinya akan membuat susah dikala proses persalinan nantinya. Latihan prenatal yoga bisa menolong ibu hamil untuk melindungi peningkatan berat badan dengan baik saat sebelum melahirkan.

Itulah berbagai manfaat prenatal yoga untuk ibu hamil. Bunda juga bisa membaca mengenai manfaat yoga untuk ibu hamil. Kesimpulannya, prenatal yoga adalah olahraga ibu hamil yang wajib dilakukan agar janin di dalam kandungan semakin sehat. Siapkan air minum saat melakukan olahraga ini dan jangan melakukan prenatal yoga berlebihan.

Disarankan, sebelum melakukan program latihan, ada baiknya ibu hamil bertanya terlebih dulu dengan dokter kandungan, Jika sudah dan dibolehkan, silahkan memilih instruktur prenatal yoga yang handal agar bisa dengan cepat mengenali gerakan-gerakan apa saja yang cocok dengan keadaan tubuh ibu hamil.