Morula IVF

7 Cara Cepat Program Hamil Setelah Haid yang Perlu Anda Coba

December 9, 2022

7 Cara Cepat Program Hamil Setelah Haid yang Perlu Anda Coba

Memiliki buah hati merupakan impian dari semua pasangan. Berbagai cara dapat dilakukan pasangan suami istri untuk bisa hamil. Mulai dari menghitung masa subur, sampai dengan melakukan program hamil. Apabila Anda ingin mendapatkan buah hati, Anda bisa coba 5 cara cepat program hamil setelah haid berikut ini. Simak yuk apa saja!

Tips Program Hamil Setelah Haid

Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk program hamil setelah haid, yaitu sebagai berikut:

1. Periksakan Diri ke Dokter

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk cara cepat program hamil adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Konsultasi bersama dokter kandungan dan lakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan Anda dan pasangan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui faktor risiko yang bisa membahayakan ibu dan janin nantinya. 

Beberapa pemeriksaan yang bisa Anda jalani, antara lain:

  • USG
  • Tes urine
  • Tes darah
  • Pap smear

2. Melakukan Hubungan Intim Saat Masa Subur

Selain melakukan pemeriksaan ke dokter, Anda juga bisa memanfaatkan masa subur untuk meningkatkan peluang Anda hamil. Masa subur merupakan waktu dimana sel telur dilepaskan dari ovarium (ovulasi) dan lima hari sebelumnya. Setiap wanita bisa berbeda-beda masa suburnya, oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mengetahui kapan masa subur Anda. 

Untuk mengetahui masa subur Anda, ada beberapa tanda yang biasanya muncul, yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatnya suhu tubuh
  • Nyeri pada payudara
  • Nyeri pada perut
  • Meningkatnya gairah seks

3. Menjalani Pola Hidup Sehat

Agar bisa mengandung buah hati, tentunya Anda perlu menjalankan pola hidup yang sehat. Salah satunya adalah dengan rutin olahraga. Beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda jalani antara lain jogging, pilates, yoga, berenang dan indoor cycling. Tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan, olahraga bisa melancarkan ovulasi serta haid setiap bulannya. Namun, hindari melakukan olahraga dengan intensitas terlalu sering dan berat. 

4. Menghindari Stres

Agar bisa hamil, Anda dan pasangan perlu untuk menghindari stres. Kondisi ini tentunya bisa berdampak pada berkurangnya intensitas hubungan seksual. Jika Anda merasa stres dan tertekan, ajak pasangan Anda untuk berlibur bersama keluarga atau lakukan hal-hal yang sekiranya bisa membuat Anda bahagia. Namun, apabila belum berhasil, Anda bisa meminta bantuan psikolog atau terapis untuk mengelola stres Anda. 

5. Jaga Berat Badan

Tips cepat program hamil setelah haid adalah dengan cara jaga berat agar selalu ideal. Melansir Cleveland Clinic, berat badan yang overweight akan membuat Anda lebih susah mendapatkan momongan. Pasalnya, sel lemak dapat menghasilkan kadar estrogen tinggi, yang dapat melawan tubuh Anda saat mencoba berovulasi. Oleh sebab itu, jaga berat badan ideal Anda dengan rutin olahraga dan konsumsi nutrisi harian yang tepat. 

6. Hindari Rokok

Menurut FDA, merokok memiliki efek kesehatan negatif pada kesuburan, sehingga Anda sulit untuk hamil. Kandungan yang terdapat pada rokok bisa menurunkan kesuburan, dan dapat merusak DNA pada sperma. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang mempersiapkan program hamil, Anda dan pasangan perlu untuk menghindari rokok atau berhenti sama sekali untuk mendapatkan buah hati. 

7. Konsumsi Asam Folat

Untuk Anda yang merencanakan program hamil setelah haid, konsumsi asam folat merupakan pilihan yang tepat. Konsumsi nutrisi ini setidaknya dua atau tiga bulan sebelum Anda ingin hamil. Asam folat sendiri bermanfaat untuk melindungi calon janin Anda terhadap cacat tabung saraf, seperti spina bifida. Selain tablet asam folat, Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari berbagai makanan seperti:

  • Brokoli
  • Bayam
  • Asparagus

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai cara cepat program hamil setelah haid. Gunakan berbagai tips di atas agar cepat mendapatkan momongan. Anda juga bisa memanfaatkan layanan bayi tabung untuk meningkatkan peluang Anda hamil. Hubungi kami lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana Morula IVF bisa menjadi solusi bagi Anda.  

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung