Morula IVF

6 Cara Cepat Program Hamil Setelah Kuret

March 20, 2023

6 Cara Cepat Program Hamil Setelah Kuret

Setiap pasangan tentunya ingin memiliki momongan dan menjalani kehamilan dengan lancar. Namun tidak semua ibu beruntung, janin bisa saja keguguran di tengah masa kehamilan. Untuk Anda yang sudah mengalami kuret, Anda jangan putus asa, karena masih ada kesempatan bagi Anda untuk hamil lagi. Nah, apa saja program hamil setelah kuret? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Kapan Waktu yang Tepat Program Hamil Setelah Kuret?

Pengalaman keguguran tentu saja bisa membuat ibu hamil kehilangan yang begitu berat. Mungkin Anda dan pasangan sempat mengalami kesedihan, kecemasan, atau rasa bersalah. Namun, untuk Anda yang masih dalam proses berduka, jangan berburu-buru dulu ya. Siapkan diri secara emosional dan fisik untuk kehamilan setelah kuret

Jika Anda mengalami sekali keguguran, mungkin Anda tidak perlu menunggu lebih lama untuk hamil, asalkan Anda sudah siap. Namun, apabila sudah mengalami lebih dari satu, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin akan merekomendasikan pengujian untuk mengetahui penyebab dasar keguguran. 

Melansir dari laman Mayo Clinic, Anda bisa hamil lagi 2 minggu setelah keguguran. Namun, biasanya hubungan seks tidak dianjurkan selama 2 minggu untuk mencegah kemungkinan infeksi. Agar kehamilan Anda selanjutnya berjalan dengan lancar, Anda bisa melakukan serangkaian pengujian seperti USG, tes darah, tes kromosom dan yang lainnya di penyedia layanan kesehatan Anda. 

Tips Cepat Hamil Setelah Kuret

Berikut adalah beberapa tips cepat hamil setelah kuret, agar kehamilan selanjutnya sehat dan lancar, yaitu antara lain;

1. Tunggu Sebelum Mencoba Lagi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa hamil setelah keguguran 2 minggu. Namun, tidak ada salahnya untuk menunggu terlebih dahulu sebelum mencoba hamil lagi. Tenangkan pikiran dan hati, dan tunggu hingga fisik dan mental siap untuk mengandung buah hati lagi. Untuk itu, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui berapa lama yang ideal sebelum mencoba hamil lagi. 

2. Olahraga Secara Teratur

Menjaga rutinitas olahraga setiap hari akan membuat Anda tetap sehat dan berenergi. Hal ini juga dapat memastikan bahwa tubuh Anda dalam kondisi yang prima dan siap untuk hamil lagi. Hindari olahraga yang terlalu intens saat pemulihan diri dan fokus pada aktivitas yang berdampak rendah seperti berjalan kaki, yoga, atau meditasi. Olahraga yang ringan tentunya dapat membantu Anda mengurangi stres atau kecemasan yang mungkin Anda alami akibat kuret. 

3. Konsumsi Asam Folat Setiap Hari

Tips hamil setelah kuret yang selanjutnya adalah dengan konsumsi asam folat setiap hari. Untuk wanita dengan masa produktif, wajib setidaknya mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg setiap harinya. Vitamin ini dapat menurunkan kemungkinan keguguran atau komplikasi kehamilan lainnya. Pastikan konsultasi dengan dokter kandungan mengenai suplemen asam folat untuk membantu Anda pulih dari keguguran. 

4. Berhenti Rokok dan Minum

Jika Anda sedang berusaha untuk hamil lagi, Anda harus mengetahui bahwa alkohol dan tembakau bisa mengurangi kesuburan dan kemampuan untuk hamil. Oleh sebab itu hindari alkohol untuk meminimalkan risiko. Sebab, rokok dan minum alkohol bisa menyebabkan beberapa masalah kehamilan nantinya, seperti:

  • Kelahiran prematur
  • Berat lahir rendah
  • Keguguran dan kematian mendadak bayi
  • Masalah pernapasan

5. Jalani Pola Hidup Sehat

Perubahan gaya hidup juga penting untuk bisa program hamil setelah kuret. Diet seimbang yang mencakup sayuran berdaun, kacang-kacangan, buah-buahan, dan makanan kaya zat besi memasok tubuh dengan nutrisi yang diperlukan. Selain itu, jangan lupakan untuk minum delapan gelas air putih setiap hari. 

6. Kurangi Stress

Program hamil setelah kuret yang berikutnya adalah dengan mengurangi stres. Memang, keguguran bisa menjadi pengalaman yang membuat stres. Namun, untuk bisa hamil lagi, Anda perlu mengurangi stres. Bisa dengan berbagai cara seperti yoga, liburan sejenak dengan suami, dan berbagai aktivitas lainnya. Anda tidak perlu terburu-buru untuk hamil lagi, yang terpenting adalah mental dan kesehatan Anda saat ini. 

Demikianlah ulasan kali ini mengenai 6 cara cepat program hamil setelah kuret. Bagi Anda yang ingin program hamil, Anda dapat menghubungi kami untuk informasi mengenai program bayi tabung yang bisa menjadi solusi bagi Anda. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda. 

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung