Morula IVF

6 Cara Mudah Langsing Setelah Melahirkan

January 4, 2023

6 Cara Mudah Langsing Setelah Melahirkan

Apakah Anda termasuk orang yang khawatir kalau badan akan melar seusai melahirkan? Memang efek dari melahirkan ini akan merubah kondisi badan dari sebelumnya. Sehingga, tak heran banyak wanita yang berlomba-lomba mengembalikan bentuk tubuhnya dengan berbagai cara. 

Salah satunya adalah mencari berbagai cara untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Sebab, otot perut yang kendur, strechmark pada kulit, kulit bergelambir, dan lemak pada bagian perut, umumnya akan menurunkan kepercayaan diri seorang wanita pasca melahirkan. Lalu, sebenarnya, seberapa lama perut akan terus bertahan membesar usai melahirkan, dan adakah cara mengecilkan perut agar kembali seperti semula?

Untuk lebih memperjelas informasinya, Morula akan membagikan 6 tips cara mudah mendapatkan tubuh yang langsing seusai melahirkan. Apa saja?

Berapa Lama Menurunkan Berat Badan Usai Melahirkan?

Beberapa dari Anda mungkin sudah bersusah payah mengecilkan perut setelah melahirkan, tapi tidak ada progres dan prosesnya terasa cukup lama? Pertanyaan ini mungkin kerap kali mengganggu benak para ibu yang baru saja melahirkan dan merasa ukuran perutnya berubah.

Pada dasarnya, merupakan suatu hal yang normal memiliki perut dengan ukuran saat trimester satu atau awal kehamilan meski Anda telah selesai melahirkan. Tubuh membutuhkan waktu dan cara tersendiri untuk mengembalikan ukuran semula. 

Hal ini karena saat hamil, ukuran perut akan berkembang membesar secara perlahan seiring bertumbuhnya bayi. Namun, saat Anda melahirkan, ukuran perut yang membesar tersebut tak langsung mengecil secara tiba-tiba.

Bagian perut membutuhkan beberapa waktu beradaptasi dari ukuran besar hingga dapat kembali mengecil. Pada intinya, perut akan kembali pada ukuran awalnya dan lebih stabil secara bertahap.

Ada hormon dalam tubuh yang menjadi alasan dalam mengecilkan perut setelah melahirkan. Umumnya, kurang lebih 4 minggu atau saat Anda berada di masa nifas, kadar hormon tersebut akan berkurang dan akhirnya bisa mengecilkan perut ke ukuran semula.

Tak hanya itu, semua sel dalam tubuh yang setelah melahirkan ikut membengkak dan membesar, seperti bagian tangan, perut, hingga kaki bengkak akan mulai melepaskan cairan dalam bentuk urine, keringat, dan lainnya sehingga kembali ke ukuran semula. 

Terlebih jika Anda aktif menyusui bayi, maka semakin lama simpanan lemak di dalam tubuh juga mulai terbakar. Namun, tetap saja membutuhkan waktu beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang diharapkan setelah Anda menerapkan berbagai cara mengecilkan perut ini.

6 Cara Mudah Langsing Setelah Melahirkan

Tahukah Anda, meski cara yang dilakukan untuk mengecilkan perut itu sama, namun waktu yang dibutuhkan untuk setiap tubuh tidak selalu sama. Artinya mungkin tak selalu efektif pada beberapa ibu. 

Dalam beberapa kasus, mungkin pernah Anda menemui ibu yang ukuran perutnya bisa kembali dalam beberapa bulan saja. Namun, ada juga yang butuh waktu lebih lama dan cara berbeda untuk kembali mengecilkan ukuran perut. 

Tak perlu khawatir, jika Anda termasuk mereka yang butuh waktu lebih lama dan cara berbeda untuk mengecilkan perut usai melahirkan. Ada tingkat kesabaran dan usaha yang menjadi bagian penting dari keberhasilan proses ini. Sebab, selama sekitar sembilan bulan otot-otot perut sudah meregang karena mengandung bayi.

Oleh karena itu, tak heran Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melangsingkan kondisi perut. Sebelum lanjut pada pembahasan tips, Anda perlu mengetahui ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan dan hasil ukuran perut. Apa saja?

  • Berat badan yang bertambah drastis selama kehamilan
  • Tingkat keaktifan sang ibu setelah melahirkan
  • Genetik pada tubuh

Anda dapat lebih mudah menurunkan berat badan dan menerapkan cara mengecilkan perut jika berada pada kondisi seperti;

  • Berat badan yang naik selama kehamilan maksimal 13,6 kilogram (kg)
  • Rutin berolahraga saat hamil dulu
  • Menyusui bayi secara rutin
  • Merupakan kehamilan dan melahirkan bayi pertama

Untuk selanjutnya, inilah enam tips yang dapat Anda tiru untuk melangsingkan perut dan tubuh lainnya seusai melahirkan. 

1. Menjaga Pola Makan Sehat

Langkah yang pertama terkait dengan pola makan yang sehat. Anda perlu memperbanyak makan beragam jenis makanan sumber karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Sumber makanan bervariasi seperti sayuran, buah, susu, telur, daging ayam tanpa lemak, daging merah tanpa lemak, dan lainnya. Penuhi juga asupan serat yang berperan membantu melancarkan sistem kerja pencernaan selama proses pengecilan perut ini. 

2. Rutin Berolahraga

Tidak mengenal istilah malas gerak, jika Anda ingin segera perut Anda kembali ke ukuran semula. Rutin berolahraga adalah langkah selanjutnya. Olahraga di sini berguna untuk mengencangkan kulit perut setelah melahirkan. Mengingat Anda masih dalam tahap pemulihan, sebaiknya Anda pilih yang ringan-ringan saja dan tidak terlalu berat.

3. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup 

Tahukah Anda, orang yang memiliki waktu tidur yang cukup justru lebih jarang mengalami peningkatan berat badan daripada orang yang jarang tidur. Salah satu penyebabnya adalah karena waktu tidur berpengaruh terhadap hormon yang mengatur rasa lapar. Semakin sedikit waktu tidur Anda, semakin mudah merasakan kelaparan. Sehingga, keinginan untuk makan berlebih pun tak terhindarkan. Akibatnya, Anda sulit mengembalikan ukuran perut dan menurunkan berat badan setelah melahirkan.

4. Aktif Menyusui Bayi

Apakah Anda sudah aktif menyusui si bayi? Sebuah penelitian dari Maternal and Child Health Journal membuktikan bahwa menyusui bayi berpengaruh pada berat badan ibu yang melahirkan. Penelitian tersebut menemukan bahwa wanita yang menyusui secara eksklusif bisa lebih mudah menurunkan berat badan selama 6 bulan pertama pasca melahirkan. Tak hanya sebagai langkah membakar kalori dan mengecilkan perut. Aktivitas menyusui dapat membuat Anda menjalin bonding  yang lebih dengan si kecil.

5. Senam Kagel 

Langkah selanjutnya adalah melakukan senam kagel. Pada senam kegel, ada bagian tubuh yang bergerak yaitu panggul dan lutut. Peran dari senam kagel ini untuk mengecilkan otot-otot perut setelah melahirkan, selain itu juga membantu mengencangkan otot kandung kemih. Senam kegel sangat baik untuk membantu menurunkan risiko mengalami inkontinensia urin. Kondisi ini menjadi salah satu masalah yang kerap menghantui ibu setelah melahirkan.

6. Perbanyak Meminum Air Mineral

Setelah melahirkan, Anda juga perlu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi optimal sepanjang hari. Hal ini karena meminum air dalam jumlah yang cukup mampu membantu menjaga elastisitas kulit Anda dan melancarkan upaya penurunan berat badan.

Sehingga, secara tidak langsung kebiasaan ini mampu melangsingkan perut setelah melahirkan. Anda butuh asupan air mineral delapan gelas  per hari. Bahkan, lebih dari itu terlebih jika Anda sedang dalam masa menyusui dan menerapkan cara mengecilkan perut setelah melahirkan.

Dari penjelasan diatas, Anda sudah memahami berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan usai melahirkan secara umum. Itulah beberapa enam tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat tubuh agar tetap langsing atau seperti semula usai melahirkan.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung