Morula IVF

Ini Tanda-tanda Hamil Kebo yang Perlu Anda Tahu

February 17, 2023

Ini Tanda-tanda Hamil Kebo yang Perlu Anda Tahu

Apakah Anda pernah mendengar istilah hamil kebo? Hamil kebo merupakan istilah yang menggambarkan kehamilan dengan kondisi yang ‘enak’ dan nyaman tanpa ada gejala yang normalnya dialami oleh ibu hamil. Pada ibu dengan hamil kebo, umumnya tidak merasakan mual dan muntah pada trimester awal kehamilan.

Nah, untuk tahu lebih lanjut mengenai hamil kebo, mulai dari pengertian, ciri, hingga efeknya, yuk simak ulasan berikut ini!

Apa itu Hamil Kebo

Hamil kebo merupakan istilah dalam kehamilan yang dibuat oleh masyarakat terhadap kondisi ibu hamil yang ngebo (seperti kerbau) pada saat hamil. Artinya tentu tidak seperti hewan kerbau ya, melainkan kondisinya yang datar-datar saja selama hamil, tidak merasakan mual muntah sedikit pun. Umumnya, mual muntah atau morning sickness dialami oleh ibu hamil di awal kehamilan.

Namun pada ibu hamil kebo, mual, muntah, pusing, dan sejenisnya tidak dirasakan. Bahkan ibu hamil tersebut tidak terasa seperti hamil meskipun usia kandungannya terus bertambah. Ibu yang hamil kebo masih dapat beraktivitas secara normal seperti biasanya karena tidak merasakan apapun. Meskipun demikian, hamil kebo merupakan kondisi yang normal. Sekitar 30% ibu hamil tidak merasakan morning sickness selama  masa kehamilan.

Tanda-tanda Hamil Kebo

Meskipun ibu yang mengalami hamil kebo tidak merasakan gejala mual muntah, namun bukan berarti tanda kehamilan tidak dirasakan. Ibu hamil tetap mengalami terlambat menstruasi yang menjadi ciri utama kehamilan serta mengalami perubahan hormon yang normal terjadi. Nah, untuk mengetahui hamil kebo seperti apa, ada beberapa gejala atau tanda-tanda hamil kebo yang perlu Anda tahu, antara lain:

1. Tidak Mual dan Muntah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ibu hamil kebo tidak mengalami mual dan muntah selama kehamilan. Mual dan muntah merupakan kondisi yang normal dialami ibu hamil karena kadar hormon hCG yang meningkat. Namun pada ibu hamil kebo, meskipun hormon hCG meningkat namun mual dan muntah tidak terjadi.

2. Tidak Pusing atau Sakit Kepala

Tidak hanya bebas mual dan muntah, ibu hamil kebo juga tidak mengalami pusing atau sakit kepala yang umum dialami ibu hamil. Biasanya nyeri kepala atau nyeri di bagian tubuh lain terjadi ketika terjadi perubahan hormon. Namun pada ibu hamil kebo, nyeri tubuh di kepala, punggung, serta bagian tubuh lainnya tidak dialami.

3. Nafsu Makan Baik

Morning sickness membuat ibu hamil sulit makan lantaran tidak memiliki nafsu makan atau nafsu makan berkurang. Mual dan muntah terus menerus membuat ibu hamil tidak memiliki nafsu makan yang baik. Namun pada ibu hamil kebo, nafsu makan masih tetap baik. Ibu masih bisa makan dengan porsi biasa dan normal.

4. Aktivitas Normal

Tidak hanya nafsu makan yang normal, ibu hamil kebo juga tetap dapat beraktivitas secara normal. Biasanya ibu hamil yang mengalami morning sickness akan kesulitan untuk beraktivitas karena rasa eneg di perut serta pusing yang tidak tertahankan. Hal ini berbeda dengan ibu hamil kebo yang bisa melakukan kegiatan dengan leluasa.

Efek Hamil Kebo pada Kesehatan

Ada mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil yang tidak memiliki gejala kehamilan seperti mual dan muntah lebih berisiko mengalami keguguran. Namun Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak terbukti secara ilmiah. Keguguran tidak memiliki korelasi dengan gejala mual muntah di masa kehamilan. Keguguran dipengaruhi oleh faktor lain seperti usia ibu, infeksi kehamilan, konsumsi alkohol, riwayat keguguran, serta faktor lainnya. 

Meskipun demikian, tidak merasakan mual dan muntah umumnya membuat ibu hamil kurang memperhatikan asupan makanan. Efek sampingnya adalah ibu hamil bisa mengalami obesitas atau kegemukan. Janin di dalam kandungan juga bisa lahir dengan berat badan berlebih. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya tetap memperhatikan pola makan agar risiko tersebut tidak terjadi.

Itulah ulasan lengkap mengenai hamil kebo yang sebaiknya Anda tahu. Hamil kebo bisa membawa keuntungan dan kelemahan yang masing-masing perlu disikapi dengan bijak. Nah, jika Anda mengalami hamil kebo, jangan lupa untuk tetap rutin periksakan kehamilan ke dokter kandungan agar kehamilan dan janin tetap sehat.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung