Morula IVF

Inilah Aturan Minum Asam Folat Untuk Program Hamil

March 2, 2023

Inilah Aturan Minum Asam Folat Untuk Program Hamil

Bagi pasangan suami istri yang ingin memiliki momongan, bisa melakukan berbagai metode program hamil. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi asam folat. Inilah vitamin yang dibutuhkan untuk mencegah kecacatan pada janin nantinya. Selain itu, juga bermanfaat untuk menghindari kelahiran prematur.Nah bagaimana aturan minum asam folat untuk program hamil? Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan berikut ini! 

Apakah Asam Folat Untuk Program Hamil Sangat Penting?

Untuk Anda yang sedang merencanakan kehamilan, Anda bisa mengonsumsi vitamin asam folat untuk mendukung program hamil Anda. Melansir dari CDC, direkomendasikan agar wanita dengan usia subur yang berpotensi hamil mengonsumsi setidaknya 400 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari. Namun, jika hanya melalui makanan, tentu akan sulit mendapatkan 400 mcg. Anda bisa mengonsumsi vitamin 400 mcg asam folat untuk memenuhi asupan.4

Oleh sebab itu, baik wanita hamil maupun yang sedang merencanakan kehamilan, sangat untuk mengonsumsi asam folat ini. Pasalnya, nutrisi ini bermanfaat untuk membuat sel-sel baru seperti pada kulit, rambut dan kuku. Untuk janin, asam folat berfungsi agar kecacatan lahir pada bayi berkurang. 

Aturan Minum Asam Folat Untuk Program Hamil

Dikutip dari National Health Security, dianjurkan bagi Anda yang sedang dalam program hamil maupun saat hamil, untuk mengonsumsi suplemen asam folat sebesar 400 mikrogram setiap harinya. Lakukan ini sebelum hamil, dan sesudah hamil hingga usia kehamilan Anda 12 minggu. Asam folat sangat mudah untuk didapatkan, seperti di apotik atau konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep. 

Namun, untuk Anda yang pernah mengalami kehamilan yang terkena cacat tabung saraf, Anda perlu untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan. CDC merekomendasikan agar Anda mengonsumsi 4.000 mcg asam folat setiap harinya satu hamil sebelum hamil dan 3 bulan pertama kehamilan. Untuk detail lebih lanjut, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda mengenai hal ini. 

Manfaat Asam Folat Untuk Program Hamil

Asam folat sendiri bermanfaat baik untuk wanita yang hamil, maupun wanita yang sedang merencanakan program hamil. Folat memainkan peran yang penting dalam perkembangan bayi nantinya. Pasalnya, asam folat membantu dalam pembelahan sel dan pertumbuhan jaringan. Selain itu, juga berfungsi untuk otak dan tulang belakang bayi, yang disebut dengan tabung saraf. 

Dibalik manfaat untuk perkembangan janin nantinya, wanita yang mengonsumsi suplemen asam folat bisa meningkatkan fungsi mental anak dan mengurangi kemungkinan anak untuk mengalami kondisi yang namanya spektrum autisme (ASD). Namun, pastikan Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi asam folat, sebab bisa berdampak negatif pada perkembangan otak anak dan meningkatkan peluang mereka untuk mengembangkan autisme. 

Rekomendasi Makanan yang Mengandung Asam Folat

Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan yang mengandung asam folat untuk program hamil yang bisa Anda konsumsi.

1. Asparagus

Asparagus adalah rekomendasi makanan yang mengandung asam folat cukup tinggi. Selain itu, juga terdapat mineral dan kaya antioksidan. Melansir dari Healthline, setengah cangkir dari porsi asparagus matang mengandung sekitar 134 mikrogram folat. Terlebih lagi, asparagus merupakan sumber serat penyehat jantung yang sangat baik, yang memenuhi 6% dari kebutuhan serat harian. 

2. Telur

Rekomendasi makanan yang mengandung asam folat yang selanjutnya adalah telur. Tambahkan telur dalam diet Anda setiap hari, sebab sangat mudah bukan menemukan telur? Satu telur besar mengandung 22 mikrogram folat. Selain itu, juga terdapat protein, selenium, serta vitamin B12. 

3. Brokoli

Brokoli seringkali terkenal karena banyak khasiatnya yang bermanfaat untuk kesehatan. Menambahkan brokoli ke dalam diet Anda bisa memberikan berbagai vitamin dan mineral penting, termasuk folat. Dibalik itu, brokoli juga terkandung senyawa tanaman bermanfaat seperti sulforaphane, yang memiliki sifat anti kanker yang kuat. 

4. Hati Sapi

Hati sapi adalah rekomendasi makanan yang mengandung asam folat yang selanjutnya. Satu porsi dari hati sapi matang memiliki 212 mikrogram folat lho. Selain folat, hati sapi juga memenuhi kebutuhan vitamin A, dan vitamin B12 Anda. Anda bisa mengolah hati sapi menjadi berbagai makanan lezat seperti, sambal goreng hati, dan lain-lain.

5. Alpukat

Alpukat merupakan sumber asam folat yang bisa Anda konsumsi. Dengan teksturnya yang lembut, alpukat mentah mengandung 82 mikrogram folat, yang berarti 21% dari jumlah yang Anda butuhkan selama satu hari. Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, bermanfaat untuk perlindungan dari penyakit jantung. Alpukat bisa Anda olah menjadi jus alpukat, ataupun menjadi salad, yang tentunya akan sangat lezat!

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai aturan minum asam folat untuk program hamil. Konsumsi asam folat setiap hari baik melalui makanan, atau suplemen agar nutrisi Anda tercukupi selama program kehamilan. Ketahui mengenai program kehamilan Morula IVF yang bisa menjadi solusi bagi kehamilan Anda. Hubungi kami untuk informasi selengkapnya. 

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung