Morula IVF

Inilah Cara Mencegah Fibroid Rahim yang Perlu Anda Ketahui

November 22, 2022

Inilah Cara Mencegah Fibroid Rahim yang Perlu Anda Ketahui

Fibroid rahim adalah suatu kondisi di mana rahim terdapat jaringan otot yang tumbuh. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ini bukanlah kanker. Beberapa gejala dari fibroid rahim antara lain kram dan nyeri, menstruasi yang lama dan munculnya bercak darah. Tentunya hal ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada wanita. Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah fibroid rahim ini? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Olahraga

Salah satu cara untuk mencegah fibroid rahim adalah dengan berolahraga secara rutin. Dengan begitu, tubuh Anda bisa membakar kalori lebih banyak. Lakukan olahraga minimal 3 kali seminggu, untuk menurunkan risiko Anda terkena fibroid rahim. Oleh karena itu, yuk mulai hidup sehat mulai dari sekarang! 

Beberapa pilihan olahraga seperti peregangan, jogging, yoga, dan angkat beban bisa Anda lakukan agar badan tetap fit dan bugar. Latihan fisik seperti yoga tidak hanya bermanfaat untuk badan saja, namun juga untuk menenangkan pikiran Anda. Selamat mencoba ya!

2. Menjaga Berat Badan 

Cara mencegah fibroid rahim yang selanjutnya adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal. Menurut PubMed, wanita yang obesitas memiliki resiko lebih besar untuk penderita fibroid rahim. Hal ini kemungkinan besar adalah karena hormon estrogen yang tinggi pada wanita obesitas. Agar badan Anda tetap ideal, pastikan Anda selalu olahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan sehat. 

3.  Konsumsi Teh Hijau

Menurut penelitian PubMed Central, mengkonsumsi teh hijau bisa mengurangi gejala-gejala fibroid rahim pada wanita. Akan tetapi, jika Anda sensitif terhadap kafein, pastikan Anda menguranginya. Hal ini karena zat kafein dalam teh hijau dapat menyebabkan rasa mual, hingga gelisah. 

Beberapa manfaat dari teh hijau antara lain:

  • Mencegah penuaan 
  • Untuk pembakaran lemak
  • Agar metabolisme tubuh lebih baik

4. Perhatikan Diet

Nah, untuk Anda yang jarang mengkonsumsi makanan kaya vitamin, sekarang saatnya untuk memperhatikan diet Anda. Asupan seperti vitamin D memiliki manfaat untuk mengurangi risiko fibroid rahim, lho! Selain mendapatkan asupan vitamin D dari makanan, Anda juga bisa mengkonsumsi vitamin D dan berjemur di bawah sinar matahari. 

Beberapa makanan yang kaya vitamin D, antara lain:

  • Keju
  • Jamur 
  • Tuna 
  • Salmon

5. Hindari Rokok 

Selain menjalankan hidup yang sehat dengan olahraga dan asupan makanan yang benar, Anda perlu menghindari rokok untuk mencegah fibroid rahim. Walaupun Anda bukan perokok aktif, namun asap dari rokok bisa meningkatkan penyakit serius seperti jantung dan tekanan darah tinggi. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah mioma uteri, yang bisa menyebabkan terganggunya hormon pada tubuh wanita. 

Demikian pembahasan mengenai cara mencegah fibroid rahim yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, fibroid rahim tidak berbahaya, namun agar kita tidak mengalaminya, kita perlu untuk mencegahnya dengan cara menjalani gaya hidup yang sehat. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung