Morula IVF

Inilah 5 Jamu Pelancar Haid yang Mudah Anda Dapatkan

July 7, 2021

Inilah 5 Jamu Pelancar Haid yang Mudah Anda Dapatkan

Ada berbagai jamu pelancar haid yang bisa Anda konsumsi supaya haid menjadi lancar. Menstruasi atau haid adalah siklus tubuh yang dialami setiap wanita yang merupakan proses keluarnya darah dari vagina dan umumnya terjadi rutin setiap bulan. Namun sayangnya, tak semua wanita mengalami siklus mens yang lancar, beberapa bahkan tak mengalami periodenya setiap bulan dan terkadang bisa memunculkan kondisi tak nyaman pada tubuh. 

Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: pengaruh penggunaan obat-obatan tertentu, terlalu banyak olahraga, stress, ataupun kondisi hormon. Diketahui terdapat beberapa bahan alami yang dapat diolah menjadi minuman untuk meminimalisir atau bantu mengatasi kondisi tersebut dan beragam jamu pelancar haid tersebut akan diulas pada kesempatan kali ini.

Sederet Jamu Alami yang Bisa Bantu Lancarkan Haid

Bagi Anda yang sedang mengalami kondisi menstruasi tak lancar, simak informasi mengenai jamu untuk melancarkan haid berikut ini:

1. Jahe

jamu pelancar haid

Seperti yang kita ketahui, jahe merupakan salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk pengobatan alami berbagai penyakit atau kondisi medis, termasuk melancarkan haid. Untuk menstruasi yang lancar, kita dapat mengkonsumsi jahe mentah ataupun ekstraknya. Pun menurut laporan Research Journal of Pharmaceutical, Biological and Chemical Sciences, dosis ekstrak jahe yang tepat guna membuat jamu alami pelancar haid adalah sekitar 2,5-3 ml.

Air rebusan jahe maupun ekstraknya, dapat kita campurkan ke dalam air atau the, bisa ditambahkan  madu dan lemon supaya rasanya lebih nikmat. Tak hanya melancarkan haid, jahe pun dapat mengurangi rasa nyeri ketika datang bulan.

2. Kayu Manis

Tanaman herbal berikutnya adalah kayu manis, yang dapat membantu mengatur kadar insulin di dalam tubuh, dimana kadarnya yang terlalu tinggi dapat mempengaruhi kerja hormon menstruasi dan membuatnya tak teratur. Hal tersebut juga diungkapkan pada studi dari Columbia University Medical Center yang menyebutkan bahwa, kayu manis berpotensi melancarkan siklus menstruasi perempuan dengan riwayat  polycystic ovary syndrome (PCOS) atau gangguan produksi ovarium. Untuk dosisnya sendiri, kita bisa mengonsumsi 500 mg kayu manis atau sekitar 2-4 ml dan dicampurkan ke dalam the, tiga kali dalam sehari.

3. Kunyit

jamu pelancar haid

Bahan yang cukup populer untuk diolah menjadi jamu yang satu ini merupakan salah satu bahan herbal dan dikenal mampu bantu melancarkan haid pada wanita. Karena bahan ini diyakini memiliki fungsi yang mirip dengan hormon estrogen. Untuk mendapatkan manfaatnya, kita bisa mengkonsumsi 100-500 mg kunyit dua hari sekali atau dengan mencampurkannya pada teh, madu, ataupun susu.

4. Cuka Sari Apel

Salah satu minuman segar dengan cita rasa asam ini pun dianggap mampu melancarkan haid. Pada Sebuah penelitian yang dipublikasikan  oleh Tohoku Medical Press, diperlihatkan hasil menjanjikan dari penggunaan bahan satu ini sebagai obat alami pelancar haid, meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas serta dosisnya.

5. Nanas

jamu pelancar haid

Buah berwarna kuning dengan rasa segar ini juga dapat dibuat atau diolah menjadi minuman untuk melancarkan haid. Hal tersebut karena dalam buah nanas terkandung enzim dengan sifat anti radang, yaitu bromelain. Selain itu, antioksidan dalam buah ini pun bermanfaat dalam mengurangi peradangan yang menyebabkan kram perut saat haid. Sehingga, nanas banyak dipercaya mampu menjadi obat pelancar haid alami dan efektif.

Itulah informasi seputar berbagai jamu pelancar haid yang bisa Anda konsumsi. Berbagai jamu ini terbuat dari bahan alami dan mudah Anda temukan. Namun, meski begitu akan tetap dianjurkan bagi Anda untuk berkonsultasi pada dokter soal haid yang tidak lancar. Dengan begitu, bisa diketahui dengan pasti penyebab haid yang tidak lancar tersebut dan dicari cara penanganan terbaik. 

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung