Morula IVF

Kenali Macam-macam Keputihan yang Normal, Wanita Wajib Tahu!

December 7, 2022

Kenali Macam-macam Keputihan yang Normal, Wanita Wajib Tahu!

Keputihan merupakan cairan bening berwarna putih yang keluar dari vagina Anda. Cairan ini berasal dari rahim, leher rahim dan vagina yang memproduksinya. Jika Anda mengalami hal ini, Anda tidak perlu khawatir karena ini wajar dialami wanita. Namun, Anda perlu mengetahui ciri-ciri keputihan yang normal. Sebab, berubahnya cairan vagina bisa jadi merupakan tanda dari infeksi atau penyakit pada organ reproduksi Anda. Berikut adalah ulasan mengenai macam-macam ciri keputihan yang normal. Yuk simak!

Ciri-ciri Keputihan Normal

Berikut adalah macam-macam ciri keputihan normal yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Tekstur

Melansir Cleveland Clinic, tekstur dari keputihan normal jika encer dan lengket. Hal ini disebabkan oleh hormon tubuh Anda. Banyak atau sedikitnya jumlah keputihan yang keluar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk kondisi kehamilan, pemakaian pil KB, masa ovulasi maupun kondisi psikis seperti stress. 

Anda perlu mewaspadai jika tekstur keputihan Anda berubah menggumpal, berbusa, disertai dengan rasa gatal, atau warna keputihan yang berubah. Sebab, tanda ini merupakan gejala-gejala Anda mengalami infeksi. 

2. Warna 

Warna dari keputihan yang normal antara lain jernih, putih susu atau keputihan. Jika keputihan Anda berubah menjadi kuning, atau hijau, segera periksa ke dokter karena gejala ini merupakan tanda dari infeksi bakteri. Jika keputihan Anda berwarna coklat, ini disebabkan oleh siklus haid Anda yang tidak teratur. 

3. Aroma

Anda juga bisa mengetahui apakah keputihan Anda normal atau tidak dari aromanya. Bau keputihan yang normal itu tidak kuat. Jika Anda mendapati aroma keputihan Anda seperti bau amis atau busuk dan disertai dengan perubahan tekstur dan warna, Anda kemungkinan mengalami infeksi vagina. 

Infeksi vagina ini merupakan kondisi peradangan pada vagina penyebab keputihan yang menjadi gatal dan nyeri. Penyebabnya antara lain perubahan keseimbangan bakteri vagina atau infeksi. Selain itu, bisa disebabkan oleh kadar estrogen setelah menopause dan beberapa gangguan kulit. 

4. Jumlah 

Sebagian besar dari wanita mengeluarkan keputihan yang banyak, sementara yang lain mengeluarkan lebih sedikit. Hal ini tentunya bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk kondisi kehamilan, penggunaan pil KB dan masa ovulasi. Perhatikan jumlah keputihan Anda, jika terjadi perubahan secara drastis, itu bisa jadi ada yang tidak normal. 

Cara Mengatasi Keputihan 

Keputihan memang tidak bisa dihilangkan, namun ada beberapa cara yang bisa mengatasi keputihan berlebih yang membuat tidak nyaman. 

1. Jaga Kebersihan Organ Intim

Untuk Anda yang mengalami keputihan yang berlebihan, Anda perlu untuk menjaga kebersihan organ intim Anda. Selalu bersihkan vagina Anda setelah buang air kecil maupun buang air besar. Selain itu, bersihkan juga setiap Anda selesai berhubungan seksual dengan pasangan Anda. Setelah itu, jaga organ intim Anda selalu kering agar bakteri tidak mudah bersarang. 

2. Selalu Ganti Celana Dalam 

Secara ideal, Anda harus mengganti celana dalam sebanyak dua kali sehari. Namun, jika Anda memiliki keputihan yang berlebih, Anda bisa ganti celana dalam lebih dari itu agar organ intim Anda tetap kering. Pakai celana dalam yang berbahan katun agar bisa menyerap keringat dengan baik. 

Itulah macam-macam keputihan normal yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan organ intim Anda agar terhindar dari infeksi yang bisa menyerang. Segera konsultasikan bersama dokter apabila Anda menemui perubahan tekstur dan aroma tidak normal pada keputihan Anda. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung