Morula IVF

Ketahui Gejala dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pria

November 30, 2022

Ketahui Gejala dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pria

Saluran kemih merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk memproduksi urin dan membawanya keluar dari tubuh. Untuk pria, bagian saluran kemih termasuk ginjal dan kandung kemih, uretra serta ureter. Ureter merupakan tabung yang membawa urin dari ginjal menuju kandung kemih Anda. Sementara uretra merupakan tabung tunggal yang menghantarkan urin dari kandung kemih melewati prostat dan ke ujung penis Anda. 

Infeksi dapat terjadi jika terdapat bakteri yang menumpuk pada saluran kemih ini. Pada umumnya wanita lebih berisiko menderita infeksi saluran kemih, namun tidak menutup kemungkinan pria juga dapat mengalaminya. Lalu apa saja penyebab dan gejala dari infeksi saluran kemih ini? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Pria

Di bawah ini adalah beberapa gejala infeksi saluran kemih yang dapat dialami pria, yaitu sebagai berikut:

1. Urin Bercampur Darah

Tanda pertama dari infeksi saluran kemih pada pria adalah ketika urin yang keluar bercampur dengan darah. Kondisi ini juga dinamakan dengan hematuria. Jika Anda mendapati gejala seperti ini, jangan diabaikan karena ini merupakan tanda penyakit serius yang perlu diobati. Selain gejala ini adalah salah satu gejala infeksi saluran kemih, urin yang bercampur darah juga bisa menjadi tanda penyakit lainnya seperti batu ginjal atau infeksi ginjal.

2. Buang Air Kecil yang Sering

Gejala yang selanjutnya adalah frekuensi buang air kecil yang sering, namun urin yang dikeluarkan sangat sedikit. Kondisi ini seringkali tiba-tiba datang, dan sulit untuk dikontrol. Buang air kecil yang sering ini tentunya dapat mengganggu kualitas tidur pada malam hari. Jika Anda mengalami gejala ini, segera ke dokter untuk perawatan lebih lanjut. 

3. Mual 

Tanda berikut dari infeksi saluran kemih adalah mual. Rasa mual ini pada umumnya juga disertai dengan muntah. Hal ini disebabkan oleh fungsi ginjal yang terganggu akibat infeksi yang sudah mulai tersebar. Penuhi asupan air agar Anda tidak mengalami dehidrasi karena gejala mual dan muntah ini. 

Penyebab Infeksi Saluran Kemih pada Pria

Berikut merupakan beberapa penyebab infeksi saluran kemih pada pria yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Masalah Prostat

Benign prostatic hyperplasia (BPH), atau yang dikenal sebagai pembesaran prostat, merupakan pertumbuhan kelenjar prostat ke ukuran yang tidak normal. Peluang seorang pria mengalami masalah ini dapat bertambah seiring dengan usianya:

  • Usia 31-40: 1 dari 12
  • Usia 51-60: sekitar 1 dari 2
  • Usia di atas 80: lebih dari 8 dari 10

2. Tidak Buang Air Setelah Seks

Setelah selesai berhubungan intim, Anda harus buang air kecil agar menghilangkan bakteri-bakteri yang mungkin bisa masuk ke kelamin. Hal ini disebabkan karena penetrasi saat aktivitas seksual dapat mendorong bakteri masuk ke dalam kandungan kemih. Selain buang air, Anda juga perlu memastikan kelamin sudah dibersihkan dengan tepat. 

3. Kurang Minum Air

Untuk menjaga agar ginjal tetap sehat, Anda perlu untuk memenuhi asupan cairan setiap harinya. Kurang minum air dapat menyebabkan bakteri berkembang dalam urin, dan mengakibatkan Anda bisa mengalami infeksi saluran kemih. Usahakan Anda minum air putih minimal 2 liter per hari. 

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Pada Pria

Jika Anda merasa mengalami gejala-gejala infeksi saluran kemih, Anda perlu untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Untuk pemeriksaan awal, akan dilakukan pemeriksaan sampel urin untuk memastikan adanya infeksi pada kandung kemih Anda. Jika Anda menderita infeksi saluran kemih ringan, Anda mungkin akan diberikan antibiotik.

Berikut merupakan beberapa cara untuk menghindari infeksi saluran kemih, antara lain:

  • Penuhi asupan cairan setiap hari
  • Bersihkan kelamin dengan tepat setelah buang air
  • Hindari menahan buang air kecil
  • Saat selesai melakukan hubungan intim, pastikan Anda buang air kecil

Nah, demikian pembahasan kali ini mengenai gejala dan penyebab dari infeksi saluran kemih pada pria. Pastikan Anda menjalani gaya hidup sehat dan penuhi asupan air setiap harinya agar terhindar dari infeksi ini. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung