Morula IVF

4 Manfaat Jus Tomat untuk Kesuburan Pria yang Jarang Diketahui

November 4, 2022

4 Manfaat Jus Tomat untuk Kesuburan Pria yang Jarang Diketahui

Ternyata masalah kesuburan seorang pria juga dapat menurunkan peluang kehamilan bagi seorang wanita. Hal ini bisa terjadi akibat sperma yang tidak bagus. Untuk menanganinya maka mengonsumsi tomat yang diolah menjadi jus tomat adalah solusinya.

Ada banyak sekali manfaat jus tomat untuk kesuburan pria, bahkan tak jarang dari mereka yang sering membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat jus tomat untuk kesuburan ini tergolong sangat mudah dan simpel. Simak manfaat jus tomat berikut ini.

Manfaat Jus Tomat untuk Kesuburan Pria

Ketika merencanakan kehamilan, maka kesuburan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Manfaat jus tomat dan wortel untuk pria juga banyak, namun jarang yang mengetahuinya.

Sulit hamil sendiri juga tidak hanya disebabkan oleh wanita saja, melainkan juga disebabkan karena infertilitas dari seorang pria. Nah, infertilitas pada pria ini dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas sperma sampai kemampuan gerak sperma tersebut.

Menjaga pola makan yang baik sepertinya juga mampu untuk meningkatkan peluang cepat hamil, ini berlaku juga untuk pria. Manfaat tomat untuk vitalis pria sebenarnya ada banyak, salah satunya dibuat jus maupun dimakan secara langsung.

1. Mampu Meningkatkan Kualitas Sperma

Manfaat jus tomat untuk kesuburan pria yang pertama ini adalah efektif untuk meningkatkan kualitas sperma seorang pria. Biasanya sperma yang berkualitas bisa dilihat dari beberapa faktor seperti bentuk, gerakan, hingga jumlah sperma.

Cara konsumsi tomat yang benar yang mampu membantu seorang pria untuk terus meningkatkan kualitas spermanya. Kandungan likopen dalam tomat ini ternyata terbukti ampuh dan efektif dalam meningkatkan jumlah sperma pria.

Tidak hanya itu saja, melainkan kandungan baik dalam tomat seperti itu juga bisa mengurangi kerusakan DNA jadi bisa meningkatkan jumlah sperma. Oleh karena itu, tidak heran jika tomat kini selalu dipercaya bisa meningkatkan kesuburan pada seorang pria.

2. Meningkatkan Jumlah Sperma

Manfaat jus tomat untuk kesuburan pria selanjutnya ini juga efektif untuk meningkatkan jumlah sperma seorang pria. Saat kandungan likopen masuk ke dalam tubuh, maka tubuh bisa langsung menyerap 20 hingga 30 persen dari total likopen yang masuk.

Nah, likopen itu bisa tersebar ke beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah testis atau tempat di mana sperma diproduksi. Tak hanya itu saja namun manfaat makan tomat rebus tiap hari juga bisa menjadi pilihan terbaik bagi pria.

3. Mencegah Kerusakan Sperma

Kandungan likopen selain hanya bisa meningkatkan jumlah sperma ternyata sperma juga memiliki tingkat motilitas. Dalam arti lain memiliki kemampuan berenang atau bergerak lebih baik.

Manfaat jus tomat untuk kesuburan pria ini juga mampu untuk mencegah kerusakan sperma pria. Para ahli telah menyebutkan bahwa likopen dalam tomat efektif memberi antioksidan tinggi dan mencegah kerusakan sperma.

4. Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Siapa sangka ternyata tomat mampu untuk membantu dalam menurunkan risiko kanker prostat seorang pria. Bahkan mengonsumsi tomat mentah yang sudah dicuci sampai bersih bisa menurunkan risiko kanker prostat sampai 11% jika dikonsumsi secara rutin.

Tidak hanya pria, khasiat tomat untuk kesuburan wanita juga tidak kalah penting. Baik itu dikonsumsi secara langsung (mentah) maupun dibuat menjadi jus.

Tomat sendiri terdiri dari 95% air dan 5% lainnya adalah karbohidrat, vitamin, serat dan mineral. Sementara itu, dalam satu tomat berukuran sedang terkandung sebanyak 20 kalori, 1,2 gram serat, dan 5 gram karbohidrat.

Cara Membuat Jus Tomat untuk Kesuburan

Cara membuat:

  • Pertama, cuci bersih tomat, kemudian kukus tomat selama kurang lebih 4 menit. Untuk meningkatkan kadar likopen dalam tomat.
  • Siapkan wadah blender dan masukkan potongan seledri dan juga tomat. Tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalamnya.
  • Selanjutnya tambahkan air matang secukupnya. Haluskan bahan-bahan tadi hingga benar-benar lembut.
  • Setelah itu sajikan di dalam gelas.
  • Terakhir, tuangkan madu di atas tomat, dan tambahkan es batu. Jus tomat segar dan sehat pun siap dinikmati.

Serat yang terkandung dalam tomat ini merupakan serat larut yang bisa menjaga kesehatan pencernaan. Beberapa manfaat jus tomat untuk kesuburan pria memang cukup banyak, dan Anda bisa mengonsumsinya mulai dari sekarang, ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung