Morula IVF

7 Manfaat Petai Cina untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

May 15, 2021

7 Manfaat Petai Cina untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Ragam manfaat petai cina untuk ibu hamil menjadi salah satu alasan mengapa olahan makanan yang menggunakan petai cina menjadi idola sejuta umat. Biasanya, masyarakat Indonesia mengolah petai cina menjadi beberapa jenis menu, sebut saja tumis petai ikan teri asin dan botok petai. Menyinggung soal khasiat, sebenarnya apa saja sih manfaat mengkonsumsi petai cina bagi kesehatan ibu hamil?

Manfaat Mengkonsumsi Petai Cina untuk Kesehatan

1. Meredakan Penyakit Kulit Psoriasis

manfaat petai cina untuk ibu hamil

Petai cina diyakini dapat membantu pasien penderita penyakit kulit psoriasis. Menurut data yang dihimpun oleh International Journal of Molecular Sciences, psoriasis merupakan penyakit kulit inflamasi kronis dengan predisposisi genetik kuat dan memiliki sifat patogen autoimun. Secara garis besar, psoriasis memang tidaklah menular, akan tetapi bila dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat, psoriasis akan menjalar keseluruh bagian tubuh dengan cepat.

Usut punya usut, gejala psoriasis dapat diringankan dengan menggunakan petai cina. Caranya, haluskan biji petai cina dan tempelkan pada area tubuh yang terdampak penyakit kulit psoriasis. Selain menggunakannya sebagai obat luar, ibu hamil juga dapat mengkonsumsinya secara langsung.

2. Mengatasi Anemia

Suatu penelitian menyebutkan petai cina sebagai satu dari sekian makanan yang kaya akan zat besi. Sebagaimana diketahui, zat besi cukup efektif dalam membantu mendorong pembuatan hemoglobin dalam darah ibu hamil. Dengan demikian, mengkonsumsi petai cina secara rutin akan sangat bermanfaat bagi penderita anemia guna meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh secara alami.

3. Membunuh Cacing di Tubuh

Keberadaan cacing pada sistem pencernaan seringkali menghambat proses penyerapan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Alhasil, kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin dalam kandungannya pun terancam kurang. Jika dibiarkan berlarut-larut, tumbuh kembang janin dikhawatirkan akan terganggu. Sebuah studi yang menggunakan sampel sejumlah masyarakat Tiongkok menunjukkan bahwa petai cina dapat mengobati cacingan. Senyawa yang terkandung dalam petai cina diyakini ampuh menghilangkan cacing cincin dan cacing gelang dalam tubuh ibu.

4. Menetralisir Racun dalam Tubuh dan Mengobati Kanker

manfaat petai cina untuk ibu hamil

Sering beraktivitas di luar ruangan membuat tubuh menerima lebih banyak paparan radikal bebas. Pada akhirnya, hal tersebut bakal meningkatkan risiko penyakit degeneratif seperti kanker dan diabetes. Biji petai cina yang diekstrak dapat digunakan sebagai penangkal radikal bebas sekaligus mengurangi risiko kanker. Selain itu, petai cina mengandung zat tanin atau suatu senyawa polifenol yang dapat menetralisir racun dalam tubuh akibat radikal bebas.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengkonsumsi wortel, ibu hamil memiliki opsi menu harian lain untuk menjaga kesehatan matanya yaitu petai cina. Biji petai cina mengandung vitamin A yang sangat baik dalam menjaga kesehatan mata.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Petai cina kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang. Sebut saja kalsium, fosfor, zat besi, kalian, protein, seng, dan tembaga. Dengan mengkonsumsi petai cina secara teratur, ibu hamil akan terhindari dari berbagai resiko radang sendi, rematik, kram, serta meminimalisir risiko osteoporosis.

7. Meredakan Nyeri

manfaat petai cina untuk ibu hamil

Sejumlah negara dunia banyak memanfaatkan kulit kayu petai cina sebagai obat herbal untuk menghilangkan kram dan nyeri otot ketika haid dan hamil. Disamping itu, kulit batang pohon petai cina juga dapat difungsikan sebagai analgesik alami.

Demikianlah sejumlah manfaat petai cina untuk ibu hamil yang jarang diketahui masyarakat di Indonesia. Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi lain terkait kehamilan atau fakta-fakta menu harian yang baik untuk ibu hamil, berkonsultasi secara langsung dengan ahlinya melalui https://morulaivf.co.id adalah jawaban yang tepat!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung