Morula IVF

Ketahuilah 6 Manfaat Pinang Muda untuk Kesuburan Wanita

July 14, 2021

Ketahuilah 6 Manfaat Pinang Muda untuk Kesuburan Wanita

Selama ini belum banyak orang yang mengetahui  beragam manfaat pinang muda untuk kesuburan wanita. Pinang adalah salah satu jenis buah yang akan sering Anda jumpai di kawasan Indonesia bagian Timur. Tepatnya di daerah Nusa Tenggara dan Maluku. Buah yang satu ini juga biasa disebut dengan nama yang berbeda di berbagai daerah, seperti di Aceh disebut dengan pineung, di Nusa Tenggara dan Maluku, lebih dikenal dengan sebutan pua atau bua. Lalu, apa saja manfaat pinang untuk kesuburan itu?

Beragam Manfaat Pinang Muda untuk Kesuburan

1. Membantu Pasca Persalinan

manfaat pinang muda untuk kesuburan wanita

Sebagian masyarakat di Indonesia Timur banyak menggunakan biji pinang muda untuk memperkecil rahim pasca persalinan. Biasanya, wanita di sana memasak buah pinang dan meminum airnya selama satu minggu. Tak hanya itu, pinang muda pun banyak digunakan untuk menghentikan perdarahan. Hal tersebut karena ada senyawa arecaidine atau arecaine, choline atau bilineurine, guvacine, guvacoline dan tanin di dalamnya yang dipercaya mampu menghentikan pendarahan.

2. Merapatkan Vagina

Banyak ibu yang merasa khawatir vaginanya akan menjadi longgar setelah melahirkan. Namun, sebenarnya seiring berjalan waktu vagina akan rapat kembali. Selain itu, Anda dapat menggunakan bahan alami seperti pinang untuk membantu prosesnya.

Caranya adalah sebagai berikut: siapkan kulit pinang muda, kapur sirih, biji gambir dan daun sirih muda. Olah dengan cabut kecil-kecil kulit pinang muda, lalu tumbuh biji gambir. Ayak kapur sirih yang sudah dibersihkan. Rebus air secukupnya, masukkan semua bahan. Setelah matang, biarkan bahannya mengendap sempurna dan air rendaman dingin. Gunakan air tersebut untuk membilas area Miss V secara teratur.

3. Meningkatkan Gairah Seksual

manfaat pinang muda untuk kesuburan wanita

Banyak juga yang percaya bahwa pinang muda bermanfaat untuk kesuburan adalah karena mampu meningkatkan gairah seksual. Hal tersebut karena adanya kandungan alkaloid di dalamnya. Konsumsi buah ini secara langsung atau minum air rebusannya dipercaya dapat meningkatkan membantu tingkatkan gairah seks.

4. Mengatasi Keputihan

Keputihan merupakan salah satu kondisi yang umum dialami wanita, namun jika terus dibiarkan atau kondisinya yang kurang normal seperti berwarna serta berbau, tentu hal ini tak bisa dibiarkan. Pinang muda disebut-sebut dapat bantu mengatasinya. Caranya dengan menyeduh biji pinang muda yang sudah ditumbuk. Tunggu hingga airnya dingin, kemudian gunakan untuk membasuh area vagina untuk membantu mengatasi keputihan yang berlebihan.

5. Mengatasi Bau Tak Sedap

manfaat pinang muda untuk kesuburan wanita

Pinang muda juga banyak digunakan untuk mengatasi bau tak sedap pada wanita. Cara penggunaannya mirip dengan mengatasi keputihan pada poin sebelumnya. Komponen anti bakteri alami yang ada pada pinang muda dapat membunuh kuman penyebab bau tak sedap di area miss V.

6. Mengatasi Gatal-Gatal

Gatal-gatal pada area kewanitaan karena jamur memang bisa membuat kita tak nyaman. Hindari untuk menggaruknya secara berlebihan karena bisa membuat infeksinya semakin parah. Air rebusan pinang muda yang digunakan untuk membasuh vagina dapat menjadi salah satu cara alami untuk mengatasinya. Pada biji pinang muda terkandung komponen antibakteri dan antijamur yang mampu membunuh bakteri jahat pemicu gatal pada vagina.

Namun, perlu diketahui pula bahwa saat ini, para pakar mengimbau, agar masyarakat menjauhi kebiasaan mengunyah buah pinang. Karena jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, kebiasaan ini bisa memicu timbulnya penyakit kanker mulut. Begitu pula badan kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) telah menetapkan buah pinang sebagai buah dengan sifat karsinogenik atau dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker.

Itulah informasi mengenai manfaat pinang muda untuk kesuburan wanita. Jika ingin mengetahui manfaat pinang muda untuk kesuburan wanita dan cara penggunaannya secara pasti, sebaiknya berkonsultasi dahulu pada dokter. Terlebih bagi yang sedang mencoba untuk mendapatkan manfaat kesuburan dan ingin segera mendapat keturunan. Konsultasikan prosesnya pada pihak terpercaya seperti morulaivf.co.id.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung