Morula IVF

Begini Cara Cepat Program Hamil Setelah Keguguran

March 17, 2023

Begini Cara Cepat Program Hamil Setelah Keguguran

Memiliki momongan pastinya adalah keinginan setiap pasangan. Namun sayangnya, tidak semua wanita mengandung dengan lancar. Bisa jadi, karena ada faktor tertentu, ibu hamil dapat mengalami yang namanya keguguran. Apakah itu berarti Anda tidak bisa hamil lagi? Tentunya masih bisa. Anda tidak perlu khawatir, karena kami memiliki tips bagi Anda yang ingin cepat program hamil setelah keguguran. Apa saja? Yuk simak!

Kapan Waktu yang Tepat Program Hamil setelah Keguguran?

Keguguran adalah suatu kondisi kehilangan spontan dari kehamilan sebelum minggu ke-20. Hal ini pun dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti diabetes yang tidak terkendali, infeksi, masalah hormonal, masalah uterus atau serviks dan penyakit tiroid. Selain itu, beberapa faktor risiko seperti contoh umur yang melebihi 35 tahun dan kondisi kronis dapat mempengaruhi Anda untuk mengalami keguguran.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk program hamil lagi setelah keguguran? Mungkin Anda saat ini cemas karena kejadian keguguran sebelumnya. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba lagi ya, bunda. Sebelum Anda memutuskan untuk program hamil, pastikan Anda siap terlebih dahulu secara fisik dan emosional. 

Melansir dari Mayo Clinic, biasanya seks tidak dianjurkan selama dua minggu setelah keguguran untuk mencegah infeksi. Anda pun dapat berovulasi dan hamil segera setelah dua minggu keguguran. Akan tetapi, apabila emosi dan fisik Anda belum siap, Anda bisa berkonsultasi bersama penyedia layanan kesehatan Anda untuk waktu yang tepat melakukan program hamil. 

Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran

Untuk Anda yang sudah siap secara fisik, Anda bisa ikuti beberapa cara program hamil setelah keguguran seperti di bawah ini:

1. Berkonsultasi Pada Dokter

Cara cepat hamil setelah keguguran yang pertama adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda. Namun, apabila Anda pernah mengalami dua atau lebih keguguran, mungkin dokter Anda akan merekomendasikan pengujian. Berikut adalah pengujian yang dapat dilakukan untuk identifikasi penyebab keguguran Anda;

  • Tes darah: Dengan pengujian ini, sampel darah Anda akan dievaluasi untuk membantu mendeteksi masalah dengan hormon atau sistem kekebalan tubuh.
  • Tes kromosom: Anda dan pasangan mungkin dapat menjalani tes darah untuk menentukan apakah kromosom Anda menjadi faktor.
  • USG: Cara ini dapat dilakukan untuk menghasilkan gambar struktur yang tepat di dalam tubuh Anda. USG dapat mengidentifikasi masalah uterus, seperti fibroid di dalam rongga rahim.

2. Jalani Pola Makan yang Seimbang

Program hamil setelah keguguran yang berikutnya adalah pastikan Anda menjalani pola makan yang seimbang setiap hari ya. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya asam folat seperti bayam, brokoli, kacang-kacangan untuk meningkatkan kesuburan Anda dan pasangan. Selain itu, hindari makanan fast food, yang memiliki kadar garam yang cukup tinggi. Penuhi nutrisi harian Anda dengan banyak makan sayuran, serta buah-buahan. 

3. Rutin Olahraga

Untuk bisa menjalani program hamil lagi setelah keguguran, tentunya Anda juga harus rajin olahraga untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Salah satu olahraga paling mudah yang bisa Anda jalani adalah jogging dan berjalan. Anda pun tidak memerlukan peralatan khusus untuk olahraga yang satu ini, hanya perlu sepatu kets kesayangan Anda. Selain itu, Anda dapat melakukan pilates dan yoga untuk membangun kekuatan dan keseimbangan tubuh. 

4. Batasi Konsumsi Kafein

Cara cepat program hamil setelah keguguran yang selanjutnya adalah dengan membatasi konsumsi kafein setiap harinya. Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa kafein bisa mempengaruhi kemampuan seseorang untuk hamil, namun terdapat penelitian yang menemukan wanita yang minum kafein dalam jumlah besar mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa hamil dan mungkin memiliki risiko keguguran yang lebih tinggi. 

5. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Program hamil setelah keguguran yang berikutnya yaitu tetap menjaga berat badan agar tetap ideal. Melansir dari laman Better Health, tubuh yang overweight maupun underweight bisa mempengaruhi kesuburan seseorang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan rutin olahraga setiap hari untuk meningkatkan peluang kehamilan Anda. 

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai tips cara cepat program hamil setelah keguguran. Bunda tidak perlu sedih ya, karena Anda masih bisa hamil lagi dengan mengikuti tips-tips seperti di atas. Anda juga bisa melakukan prosedur bayi tabung untuk mensukseskan program hamil Anda setelah keguguran. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung