Morula IVF

Inilah Tanda-tanda Hamil 1 Hari yang Perlu Anda Ketahui

December 5, 2022

Inilah Tanda-tanda Hamil 1 Hari yang Perlu Anda Ketahui

Selain memastikan Anda hamil melalui test pack kehamilan dan melakukan USG, Anda juga dapat mengetahuinya dari beberapa tanda, lho. Salah satu ciri-cirinya adalah rasa mual pada pagi hari. Lantas apa saja tanda-tanda hamil 1 hari lainnya yang bisa dirasakan? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Tanda-tanda Hamil 1 Hari

Di bawah ini merupakan tanda-tanda hamil 1 hari yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Payudara Lebih Sensitif

Tanda-tanda Hamil 1 hari

Tanda yang pertama dari hamil 1 hari adalah payudara yang lebih sensitif. Hal ini diakibatkan oleh perubahan hormon saat memasuki masa kehamilan. Hormon yang meningkat ini berfungsi untuk mendukung pertumbuhan buah hati Anda. Selain terasa sensitif, payudara juga akan terasa nyeri. Gejala payudara sensitif ini hampir mirip ketika Anda datang bulan, namun nyeri akibat kehamilan terasa lebih intens. 

2. Punggung Nyeri, Kram Perut, dan Lelah

Tanda-tanda Hamil 1 hari

Tanda-tanda hamil 1 hari yang selanjutnya adalah punggung yang nyeri, kram perut dan lelah. Rasa lelah pada awal kehamilan merupakan hal biasa, dan beberapa dari wanita mungkin menyadarinya sebelum mereka mengetahui bahwa mereka hamil. Kelelahan dapat terjadi setelah satu minggu pembuahan. Hal ini diakibatkan oleh perubahan hormon yang mendadak, khususnya progesteron yang meningkat selama kehamilan. 

3. Muncul Flek

Tanda-tanda Hamil 1 hari

Jika Anda merasa bahwa ada flek yang muncul, ini merupakan tanda dari awal kehamilan. Namun, menurut HealthPartners, hanya ada sekitar sepertiga dari wanita yang mengalami gejala ini. Munculnya flek sering disebut dengan pendarahan implantasi karena inilah saat sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim. Anda tidak perlu khawatir karena flek ini tidak membahayakan selama terjadi di awal kehamilan. 

4. Sering Buang Air Kecil

Sering Buang Air Kecil

Saat memasuki masa kehamilan, Anda mungkin akan sering buang air kecil. Jumlah darah pada tubuh Anda meningkat selama kehamilan. Untuk mengatasi gejala ini, lakukan tips berikut ini:

  • Hindari minum terlalu banyak air sebelum tidur di malam hari
  • Kurangi minuman yang mengandung kafein selama kehamilan
  • Berlatih senam kegel untuk memperkuat otot dasar panggul
  • Majukan tubuh Anda ke depan saat buang air kecil sehingga Anda mengosongkan kandung kemih dengan tepat

5. Mual dan Muntah 

Mual dan Muntah 

Morning sickness merupakan tanda-tanda hamil yang paling umum. Gejala ini dapat muncul dua minggu setelah pembuahan, yaitu sekitar minggu keempat kehamilan dan tepat pada saat Anda melewatkan menstruasi jika Anda hamil. Beberapa wanita mungkin tidak mengalami mual atau muntah sama sekali. Untuk mengurangi rasa mual ini, pastikan Anda memenuhi asupan cairan untuk menghindari dehidrasi selama masa kehamilan. 

6. Perubahan Subu Tubuh

Perubahan Subu Tubuh

Tanda yang terakhir adalah suhu basal tubuh yang meningkat selama kehamilan. Untuk mengukur suhu basal tubuh Anda, lakukan di pagi hari sebelum Anda bangun dari tidur. Pada umumnya, suhu basal tubuh meningkat secara signifikan selama masa-masa awal kehamilan. 

Demikian pembahasan tentang tanda-tanda hamil 1 hari yang perlu Anda ketahui. Selain mengetahui kehamilan melalui gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, Anda juga perlu untuk melakukan test pack kehamilan untuk memastikannya. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung