Morula IVF

8 Pantangan Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui!

November 4, 2022

8 Pantangan Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui!

Saat sudah memasuki masa kehamilan, ibu hamil perlu memperhatikan anjuran dan pantangan agar janin yang dikandung berkembang dengan sehat. Khususnya ketika trimester pertama, yang merupakan saat-saat dimana hormon ibu hamil berubah. Berikut merupakan ulasan selengkapnya mengenai pantangan hamil muda yang perlu Anda ketahui. 

1. Merokok

Pantangan saat hamil muda yang pertama adalah merokok. Melansir CDC, merokok meningkatkan risiko cacat lahir, termasuk mulut sumbing dan bibir sumbing. Jika Anda seorang perokok, ada baiknya Anda berhenti sama sekali demi kesehatan buah hati Anda. Hal ini juga termasuk dengan nikotin rokok elektronik yang dapat merusak perkembangan otak dan paru-paru bayi.

2. Minuman Alkohol 

Alkohol juga merupakan pantangan bahaya untuk ibu hamil muda karena dapat menyebabkan dehidrasi dan diabetes gestasional.. Pasalnya menurut National Health Security, minuman alkohol ini dapat menyebabkan sindrom kematian mendadak, atau sudden infant death syndrome (SIDS). 

3. Hindari Membersihkan Kotoran Hewan

Untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan di rumah, pastikan Anda menghindari membersihkan kotoran hewan, khususnya kotoran hewan kucing. Hal ini karena dalam kotoran kucing terdapat parasit Toxoplasma gondii yang dapat menyebabkan keguguran pada janin. 

4. Kurangi Kafein

Pantangan ibu hamil muda yang selanjutnya adalah konsumsi kafein yang terlalu berlebihan. Kandungan kafein dalam minuman dapat meningkatkan detak jantung pada janin. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengurangi konsumsi kopi saat kehamilan trimester pertama. 

5. Hindari Pijat dan Akupuntur 

Pantangan berikutnya untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran adalah pijat dan akupuntur. Terapi ini pada umumnya aman selama kehamilan, namun pada trimester pertama, perut ibu hamil tidak boleh dipijat maupun akupuntur, khususnya pada titik-titik tertentu. 

6. Hindari Memakan Buah Tertentu 

Ada buah tertentu yang dilarang untuk ibu hamil pada saat trimester pertama antara lain durian, nanas, dan nangka. Buah seperti nanas diyakini bisa menyebabkan keguguran dan mengakibatkan cacat lahir pada janin. Selain itu, nanas juga dapat meningkatkan asam lambung. 

7. OIahraga Berat

Menjaga tubuh agar tetap fit saat hamil muda adalah penting, namun hindari melakukan olahraga dengan intensitas tinggi seperti melompat atau lari. Hal ini dapat menyebabkan kelahiran prematur pada bayi. Anda dapat tetap melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dan yoga. 

8. Stres

Menghindari stres adalah kunci penting agar janin berkembang dengan sehat. Saat hamil muda, peran suami adalah penting seperti membantu pekerjaan rumah agar ibu hamil tidak mudah stres dan lelah. Stres dapat menyebabkan nutrisi dan oksigen kepada janin berkurang. 

Itulah pembahasan kali ini mengenai 8 pantangan hamil muda yang perlu Anda ketahui. Pastikan nutrisi tetap terjaga saat hamil muda agar janin tumbuh dengan sehat. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung